Selasa, 07 Juni 2011

Bus Listrik : Transportasi Publik Hijau atau Publik Transportasi?

Bus listrik tidak hanya baik untuk lingkungan tetapi sangat cocok untuk sarana transportasi publik dengan kondisi banyaknya kendaraan dan hemat energi.

Kebutuhan moda transportasi umum yang lebih ramah lingkungan membuat bus listrik menjadi salah satu alternatif solusi mengurangi polusi. Bahkan dengan bus listrik menjadi salah satu hal yang menonjol guna menjawab kelebihan moda transportasi ramah lingkungan dibanding dengan dalam mengambil panggung sebagai solusi potensial, tetapi listrik angkutan umum bisa bus berbahan baker diesel.

Cina, salah satu negara yang memberikan perhatian besar pada hal ini. Bahkan pada pada Maret 2009 lalu di Shanghai, diperkenalkan armada baru bernama Ankai. Bus listrik itu sudah mulai beroperasi di kota Shanghai. Tujuan awal pemerintah Cina adalah untuk mengurangi tingkat polusi udara. Bahlan respons warga di kota itu mengatakan, bahwa bus listrik yang dioperasikan lebih baik dari bus diesel. Warga menyukai bus listrik tersebut.

Keuntungan Bus Listrik

Mesinnya bekerja lebih baik dan menghasilkan emisi yang rendah sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu, bus listrik lebih kuat dalam menanjak dan menghadapi medan yang berbukit dan berkelok.

Getaran dari mesin bus litrik lebih halus dibanding dengan kendaraan mesin diesel sehingga membuat nyaman buat penumpang dan pengendaranya. Getaran mesin yang halus juga membuat mesin menjadi awet dalam pemeliharaan sehingga hemat biaya perawatan.

Meski armada bus litrik lebih mahal, namun untuk investasi jangka panjang dengan pertimbangan ramah lingkungan dan hemat biaya pemeliharaan, bus litrik bis amenjadi pilihan tepat.

Keunggulan paling umum dari bus listrik ini adalah bebas bising suara mesin. Bus listrik yang sangat tenang dan tentu saja mengurangi polusi suara serta ini menjadi kenyamanan utama bagi penumpangnya.

Saat pengereman, bus listrik tidak mengeluarkan banyak energi seperti bus diesel. Bahkan, generator yang mengendalikan pengereman dapat menyalurkan kelebihan energi ke dalam baterai dan kabel dari bus. Dan bus listrik ini lebih hemat 30 % saat merem atau memulai berjalan dibanding bus biasa.

Jika sebuah kota menyediakan infrastruktur bagu bus listrik ini akan mendorong lingkungan yang lebih ramah atau hijau dan itu berdampak pada hal lainnya. Contohnya di kota Arnhem, Belanda, dengan menyediakan infrastruktur dan bus listrik kota ini mengalami 17% lebih baik, apakah itu polusi yang turun dan warga masyarakat yang menggunakan sarana publik lebih banyak.

Trem Listrik : Kerugiannya

Moda transportasi trem listrik punya banyak kelemahan. Salah satunya, trem listrik perlu infrastruktur buat kabel dan jalur. Hal lainnya, trem listrik tidak semua bisa dilalui atau terbatas wilayahnya. Dan dalam pengerjaannya dibutuhkan biaya, pekerjaan konstruksi yang justru membuat jalan macet dan rusak serta gangguan lalu lintas lainnya. Pilihan moda transportasi publik trem listrik memiliki banyak kelemahan.

Bus Listrik untuk Masa Depan

Hino, yang adalah dari Toyota, saat ini sedang menguji sebuah bus listrik nirkabel menggunakan teknologi pengisian elektromagnetik induktif, yaitu metode yang digunakan untuk mengisi baterai seperti sikat gigi listrik. Keuntungan dari ideologi yang dikembangkan ini adalah bus listrik tidak perlu menghentikan operasinya untuk mengisi ulang baterai, tetapi akan dikenakan biaya untuk kekuatan elektromagnetik induktifnya.

Perusahaan itu tengah mengembangkan sebuah sistem pengisian alternatif untuk bis-bis listrik dengan sistem pengisian cepat yang dapat diinstal di halte bus tertentu. Jadi, metode yang dikembangkan sekaligus ingin menghapus mitos bahwa baterai listrik harus harus diisi ulang pada tempat tertentu dan memakan waktu.

Biaya instalasi akan dibuat terkait dengan pengisian baterai. Betul bahwa biaya pembelian armada bis listrik bisa sangat mahal dibandingkan dengan armada diesel. Namun, keunggulan-keunggulan tadi layak diperhitungkan sehingga sarana transportasi yang diidamkan yaitu bebas polusi, hemat biaya perawatan dan nyaman menjadi hal yang lebih penting bagi masa depan transportasi publik masa depan.

Sumber : www.enviro-news.com

URL Source: http://www.greenradio.fm/technology/energy/bio-energy/5502-bus-listrik-transportasi-publik-hijau-atau-publik-transportasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google918401c9860b4077.html